Gerakan Peduli Lingkungan Kampus: Kaprodi Teknologi Perbenihan Ajak Mahasiswa Bersih-Bersih Sampah

d4 teknologi perbenihan politeknik negeri lampung

PS-TEKBEN (Jum’at, 04/06/21). Lingkungan yang bersih menjadi sumber inspirasi bagi warga kampus. Prodi Teknologi Perbenihan berusaha menjaga Budaya 5R atau 5S di lingkungan lahan praktik maupun sekitaran laboratorium.

Budaya 5R atau 5S adalah suatu metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intensif yang berasal dari Jepang. Budaya 5R ini digunakan oleh manajemen dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatkan kinerja secara menyeluruh.

5S atau di Indonesia dikenal dengan 5R merupakan singkatan yang isinya adalah  :

  1. SEIRI/Ringkas, merupakan kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sehingga segala barang yang ada di lokasi kerja hanya barang yang benar-benar dibutuhkan dalam aktivitas kerja.
  2. SEITON/Rapi, segala sesuatu harus diletakkan sesuai posisi yang ditetapkan sehingga siap digunakan pada saat diperlukan.
  3. SEISO/Resik, merupakan kegiatan membersihkan peralatan dan daerah kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik.
  4. SEIKETSU/Rawat, merupakan kegiatan menjaga kebersihan pribadi sekaligus mematuhi tahap sebelumnya (3S atau 3R).
  5. SHITSUKE/Rajin, pemeliharaan kedisiplinan pribadi masing-masing pekerja dalam menjalankan seluruh tahapan 5S atau 5R.

Dosen, Mahasiswa, PLP dibantu tenaga UPT Kebun Polinela, bersinergi mewujudkan budaya 5R atau 5S tersebut dalam kegiatan Gerakan Peduli Lingkungan Kampus. Dimulai dari pembagian area sanitasi hingga pengangkutan sampah, semua dikerjakan bersama dan dengan hati riang. Turut hadir dalam kegiatan Peduli Lingkungan Kampus kali ini: Kepala UPT Kebun (Ir. Made Same, M.P), Sekretaris UPT Kebun (Edi Santoso, S.P), Dosen, PLP, dan perwakilan mahasiswa Prodi Teknologi Perbenihan.

Kaprodi Teknologi Perbenihan (Anung Wahyudi, Ph.D) berharap kegiatan peduli lingkungan kampus dapat dilakukan secara rutin dan menjadi tanggung jawab bersama. Apabila lingkungan kampusnya bersih, rapi, edukatif, dan nyaman, tentu akan sangat menunjang suasana kerja yang produktif dan berprestasi. (admin)

You may also like...