Enam Dosen Prodi Teknologi Perbenihan Ikuti Pelatihan Industri Di PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) Program PSTBI 2021

Foto Bersama TIM HRD PT. Ewindo Bersama Dosen Prodi Teknologi Perbenihan

PS-TEKBEN (1-5 November 2021). Melalui kegiatan Pengembangan Program Sarjana Terapan Berbasis Industri (PSTBI-2021) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, enam dosen Prodi Teknologi Perbenihan lakukan pelatihan industri selama 5 hari di PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) di Purwakarta, Jawa Barat. Materi kegiatan pelatihan berupa Demand/Supply, Seed Production, Tour ke Urban Farming Ewindo, Seed Research, Plant, Quality Insurance, dan Wrap up pada dua hari pertama di kantor Ewindo Purwakarta. Kegiatan lapangan dilakukan di Indoor Production Farm PT. Ewindo di Lembang Jawa Barat dan Kantor Produksi Benih area Pandeglang.

Sesi Materi dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19

Tujuan dari Pengembangan Program Sarjana Terapan Berbasis Industri oleh Program Studi Teknologi Perbenihan (Sarjana Terapan-D4), Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Politeknik Negeri Lampung adalah:

  1. Menjadi pusat pelatihan (training center) bagi pemulia/penangkar/produsen benih tanaman tropika.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka belajar (Kampus Merdeka).
  3. Meningkatkan mutu lulusan yang kompeten dan tersertifikasi industri (IDUKA) atau Asosisasi Perbenihan Indonesia (ASBENINDO).
  4. Optimalisasi laboratorium guna menunjang proses pembelajaran dan produktifitas sumberdaya manusia (SDM).
  5. Meningkatkan kompetensi dosen dan pranata laboratorium pendidikan (PLP).
  6. Terealisasinya Pusat Unggulan Teknologi Benih Tropika “Tropical Seed Center”.

Kegiatan Tour Ke Urban Farming PT. Ewindo

Kunjungan ke Indoor Production Farm Lembang PT. Ewindo

Usulan program Pengembangan Program Sarjana Terapan Berbasis Industri ini terdiri dari tiga aktivitas utama yaitu: Penguatan Kompetensi Mahasiswa dan Lulusan, Pengembangan Pusat Unggulan Teknologi Benih (PUTB) Berbasis Teaching Factory (TEFA), dan Peningkatan Tata Kelola, Kompetensi Dosen, dan PLP. Kegiatan pelatihan di Industri bagi dosen diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dosen dalam menyusun produk unggulan di Teaching Factory Prodi Teknologi Perbenihan.

You may also like...