Dosen Teknologi Perbenihan Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda Polinela Ke-43

PS-TEKBEN. (Sabtu,14 Mei 2022). Pada Acara wisuda Politeknik Negeri Lampung Ke-43, Dosen Program Studi Teknologi Perbenihan Bapak Dr.Ir.Jaenudin Kartahadimaja, M.P. dan Ibu Dr.Ir.Ratna Dewi, M.P.  memberikan Orasi Ilmiah yang berlangsung pukul 09.00 WIB di Gedung Serba Guna(GSG) dengan menerapkan protokol kesehatan.  Kegiatan Orasi Ilmiah juga terhubung melalui live streaming aplikasi youtube Humas Politeknik Negeri Lampung.

Penyampaian Orasi Oleh Dr.Ir.Jaenudin Kartahadimaja, M.P. dan Dr.Ir. Ratna Dewi, M.P.(Foto:Humas Polinela)

Sidang terbuka senat polinela dibuka oleh ketua senat Ir.Zaenal Mutaqin, M.P.  dan dilanjutkan dengan pembacaan sejarah berdirinya Politeknik Negeri Lampung yang di sampaikan oleh sekretaris senat Dr. Drh. Dwi Desmiyeni Putri, M.Si., kemudian dilanjutkan dengan orasi ilmiah. Orasi Ilmiah disampaikan oleh Bapak Dr.Ir.Jaenudin Kartahadimaja, M.P. yang berjudul “Merakit Galur Padi Unggul Baru Sebagai Solusi untuk Mengatasi Terjadinya Stagnasi Produktivitas Suatu Varietas”. Dalam Orasi Ilmiahnya, beliau telah menemukan Padi Tipe Baru yang suatu saat dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya petani padi atau stake holder lain yang terlibat dalam budidaya tanaman khususnya komoditi padi.

Orasi ilmiah yang kedua disampaikan oleh Ibu Dr.Ir.Ratna Dewi, M.P.  yang berjudul “Potensi Pengembangan Ubi Jalar Oranye Lokal Lampung Sebagai Pangan Fungsional”. Dalam Orasi Ilmiahnya, beliau menemukan potensi ubi jalar lokal lampung berdaging oranye (LPG-01, LPG-18, dan RD-01) yang kaya akan vitamin A, serat dan Kalium yang sangat berguna untuk kesehatan. Sehingga, ubi jalar menjadi komoditi yang tepat untuk dikembangan sebagai kebutuhan pangan nasional.

(admin)

You may also like...