Tingkatkan Wawasan Pertanian, Mahasiswa Teknologi Perbenihan Ikuti Fieltrip Ke Industri

PS-TEKBEN (23/06/2022). Program Studi Teknologi perbenihan merupakan salah satu program studi pada Pendidikan Tinggi Program S1 Terapan atau D-IV Vokasional pada bidang Teknologi perbenihan yang didirikan oleh pemerintah tahun 2008 dan mulai penyelenggaraan pada tahun 2009 (angkatan pertama).  Program Studi Teknologi perbenihanmemiliki visi ” Pada tahun 2022 PS Teknologi Perbenihan Terakreditasi A dan Penghasil Sumber Daya Manusia (SDM) yang Profesional dalam Bidang Teknologi Perbenihan.  Oleh karena itu, Kegiataniatan field trip (kunjungan lapangan) merupakan salah satu upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Profesional dalam Bidang Teknologi Perbenihan. Dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Program Pendidikan Politeknik Negeri Lampung dan menambah wawasan mahasiswa yang berkaitan dengan mata kuliah pada Program Studi Teknologi perbenihan, perlu dilakukan kegiatan field trip (kunjungan lapangan) sebagai salah satu alternatif untuk mewujudkan visi dan misi dari program studi.

Foto Bersama Direksi CV. Maju Sejahtera Inti

Tujuan umum kegiatan ini adalah mendapatkan informasi secara langsung mengenai peningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa tentang ilmu produksi benih. Tujuan secara khusus adalah untuk mengetahui secara langsung dari lapangan mengenai proses produksi benih baik dari segi agronomi hingga agroindustri.

Untuk mencapai tujuan dan manfaat kegiatan dari kunjungan lapangan ini, lokasi yang dijadikan objek kunjungan, yaitu (1) CV. Maju Sejahtera Inti, Lampung Tengah; (2) Metro Garden, Kota Metro, Lampung; (3) UB. Berkah Agro, Pekalongan, Lampung Timur. Penentuan lokasi kunjungan lapang ini berdasarkan pertimbangan, bahwa lokasi yang akan dikunjungi berkaitan erat dengan mata kuliah pada Program Studi Teknologi perbenihan yaitu dalam produksi benih (padi, jagung, sayuran), wirausaha dalam bidang perbenihan, dan agroeduwisata pertanian. Selain itu, juga berdasarkan pertimbangan untuk menambah wawasan mahasiswa dalam rangka mewujudkan visi dan misi program studi.

Diskusi Bersama Owner Metro Garden dan Mantan Walikota Metro 2015-2020

Peserta kunjungan lapangan ini diikuti oleh 50 mahasiswa Program Studi Teknologi Perbenihan semester IV TA 2021-2022 didampingi dan dibimbing oleh 3 orang dosen Pembimbing serta 2 orang PLP.

Video Kegiatan Fieldtrip : https://www.youtube.com/watch?v=BFTD6fJTkPs&t=47s

You may also like...