Studium Generale HIMA Tekben: Kuliah Bersama Profesor dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan 5 Industri Mitra DUDI

Penandatanganan MoU dengan PT. Agri Makmur Pertiwi, PT. Habibi Digital Nusantara dan Metro Garden, CV. Maju Sejahtera Inti, PT. Marm Maju Sejahtera, dan Firma Bandulbesi Istana Benih

Polinela, Selasa (15/09/2022). Progam Studi Teknologi Perbenihan Politeknik Negeri Lampung mengadakan kuliah umum bersama Profesor dengan tema “Membangun Pertanian Melalui Benih Unggul, Bermutu, dan Bersertifikasi” dan penandatanganan MoU/SPK dengan 5 perusahaan mitra DUDI. Kelima perusahaan tersebut adalah PT. Agri Makmur Pertiwi, PT. Habibi Digital Nusantara dan Metro Garden, CV. Maju Sejahtera Inti, PT. Marm Maju Sejahtera, dan Firma Bandulbesi Istana Benih. Acara yang berlansung di Gedung Sakura Politeknik Negeri Lampung pada hari Sabtu 10 September 2022 tersebut dihadiri oleh jajaran Direksi Polinela, 5 Pimpinan perusahaan mitra DUDI, Kajur BTP, Kaprodi di lingkungan jurusan BTP, Dosen prodi Teknologi Perbenihan, Mahasiswa, dan Unit Kerjasama Polinela.

Sambutan Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D. (Ketua Program Studi Teknologi Perbenihan).

Wahyu Khoirul Amri mahasiswa semester V Program Studi Teknologi Perbenihan selaku Ketua Pelaksana, dalam laporannya menjelaskan bahwa jumlah peserta yang hadir pada acara tersebut sebanyak 163 mahasiswa (semester I,III,V dan VII) Program Studi Teknologi Perbenihan. Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D selaku Ketua Progam Studi Teknologi Perbenihan, dalam sambutannya beliau menyampaikan “pada pagi hari ini saya sangat bangga sekali meskipun sangat singkat persiapannya, alhamdulillah para tamu undangan dan pimpinan industri berkenan hadir serta sepakat untuk bekerjasama dengan prodi kami dalam mewadahi penerapan kurikulum MBKM, semoga niat baik ini mampu mengantarkan mahasiswa kami menjadi generasi penerus dan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan”, Dilanjutkan sambutan oleh Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Desi Maulida, S.P., M.Si.,.

 

Sambutan oleh Direktur Polinela (Dr. Ir. Sarono, M.Si.)

Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si., dalam sambutannya beliau menyampaikan “Negara Indonesia adalah negara agraris yang unggul di bidang pertanian. Mahasiswa Program Studi Teknologi Perbenihan memilliki peluang besar membangun usaha khususnya di bidang perbenihan. Benih Tanaman, tentu akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan mahluk hidup. Kita terus bekerja, terus berjuang untuk meningkatkan kualitas-kualitas produk khususnya perbenihan di Indonesia. Mahasiswa diharapkan mampu menguasai pengetahuan dan praktikum yang dipelajari di Polinela dan industri. Kemudian pada kesempatan Dr.Ir. Sarono mengucapkan selamat kepada Program Studi Teknologi Perbenihan  karena telah bersinergi menjalin kerjasama dengan industri pertanian ternama yang di Indonesia.

Pemateri/Narasumber oleh Prof. Dr. Muhamad Syukur, S.P., M.Si. Mengenai pembangunan pertanian melalui benih unggul

Kegiatan di lanjutkan dengan kuliah umum oleh  Prof. Dr. Muhammad Syukur,S.P., M.Si., selaku pemateri dalam kuliah umum sebagai bentuk komitmen kolaborasi kerjasama antara PS D4-Teknologi Perbenihan dengan PKHT-IPB. Dalam paparannya beliau menyampaikan, bagaimana tehnik merakit dan menghasilkan benih unggul, bermutu, bersertifikat serta proses pendaftaran dan pelepasan varietas unggul baru hasil pemuliaan tanaman. Beliau berharap kampus Polinela melalui prodi Teknologi Perbenihan dapat mendaftarkan varietas melon, semangka, padi, dan komoditi lainnya karya para dosen-dosennya sebagai wujud tri darma PT tentang penelitian dosen.

(admin dan humas polinela)

You may also like...