Tingkatkan ‘Link & Match’, Mahasiswa Tekben Polinela Fieldtrip ke PT. East West Seed Indonesia.

PS-TEKBEN. (4/10/2023). Guna mendapatkan pengetahuan dan informasi terkait industri perbenihan berkelas nasional/internasional, mahasiswa program studi Teknologi Perbenihan melaksanakan kunjungan lapangan (fieldtrip) pada tanggal 3-6 Oktober 2023. Kegiatan dilaksanakan di PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) yang terkenal dengan produk-produk benih hibrida tanaman hortikultura dengan merk “Cap Panah Merah”.

Dalam pengembangan benih, PT. EWINDO menempatkan tenaga ahli profesional yang telah berpengalaman di bidang pemuliaan tanaman dan perbenihan. Hasil penelitian dan pengembangan benih sayuran ini diproduksi, diproses dan dikemas serta dipasarkan untuk petani Indonesia. Dalam kegiatan kunjungan, mahasiswa mendapatkan pemaparan langsung terkait pemuliaan tanaman dan produksi benih oleh pemulia tanaman bawang PT. Ewindo. Teknologi True Shallot Seed (TSS) sebagai perkembangan terkini dalam produksi benih bawang pun turut dipaparkan dengan gamblang oleh pemulia bawang (Ibu. Irin).

Kegiatan berlangsung tertib dengan diawali penjelasan terkait farm riset PT. Ewindo di Lembang dan dilanjutkan visitasi lapangan melihat secara langsung kegiatan riset pemuliaan tanaman dan produksi benih kacang panjang, bawang, jagung manis, dll.

Mahasiswa mendapatkan informasi terkait pemuliaan tanaman dan produksi benih untuk kelas benih penjenis, benih pokok, dan benih dasar tanaman pangan dan hortikultura dari Manajer Farm PT. Ewindo statiun Lembang. Kegiatan Fieldtrip menjadi implementasi pengetahuan dan kompetensi yang diajarkan pada Mata Kuliah di Prodi Teknologi Perbenihan-Polinela agar selaras atau link & match dengan industri benih.

Selain berkunjung ke industri benih, kegiatan fieldtrip mahasiswa dilanjutkan berwisata ke kawah tangkuban perahu, orchid forest cikole, dusun bambu, dan berbelanja oleh-oleh di Cibaduyut- Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini didukung oleh PUMA tour & travel.

You may also like...